Laman

Kamis, Februari 23, 2017

Perubahan

People change, they grow. - Jacob Young
......perubahan terbesar dalam kehidupan saya adalah menikah dan memiliki anak. Hal-hal yang tadinya saya anggap penting, jadi tidak penting.
Jadi, kalau dihitung-hitung sampai tahun ini, ternyata saya sudah 17 tahun nge-blog, dong! Buset. Lama juga ya? Walaupun ada masa saya on banget, satu hari bisa lebih dari tiga posting panjang! (serius, pernah, sampai seorang kawan bilang saya kayak sedang terkena hypergraphia) dan ada masa saya off aka jarang-jarang posting (saat hamil dan melahirkan adalah masa-masa paling nggak produktif saya sebagai seorang blogger), namun ini adalah aktivitas yang berhasil saya lakukan dengan konsisten dalam rentang waktu yang lama.
 
Saya memperlakukan blog saya sebagai wadah ekspresi dan (bahkan) aktualisasi diri, tempat berlatih mengemukakan opini, tempat belajar mengadakan riset kecil-kecilan, tempat berlatih menulis daaan lain-lain. 'Sepatumerah', nama yang saya dapatkan secara tidak sengaja ini pun, pada akhirnya menjadi (semacam) brand juga pada akhirnya menentukan topik, serta tone and manner dalam menulis di blog.

Karena merasa sudah (ke)lama(an) ngeblog, akhirnya saya iseng. Beberapa jam yang lalu saya  menelusuri arsip-arsip posting-an lama saya. Tulisan-tulisan saya bisa merefleksikan kondisi saya pada saat tersebut; walau pun tulisannya tidak dalam format curhat bulat-bulat, namun saya bisa ingat bagaimana keadaan saya saat menulis masing-masing posting. Setiap perubahan yang terjadi sangat terasa.

Anyway, perubahan terbesar dalam kehidupan saya adalah menikah dan memiliki anak. Hal-hal yang tadinya saya anggap penting, jadi tidak penting. Hal-hal yang sebelumnya jarang saya pikirkan, kini jadi hal yang bakal saya ributkan. Hal-hal yang tadinya selalu menimbulkan gairah, sekarang menjadi hal yang paling tidak pedulikan.

Ya, orang memang berubah. Saya pun berubah dan tumbuh. Karena itu tiba-tiba 'sepatumerah' jadi terasa tidak relevan lagi dengan kehidupan saya.

Nggak, saya nggak bilang bakal berhenti ngeblog, lho. Nggak mungkin kayaknya. Tapi sepertinya,  perubahan minat tentu akan memengaruhitopik serta tone and manner tulisan. Jadi mungkin sudah waktunya bagi saya untuk mengakhiri 'sepatumerah' dan berkembang menjadi sesuatu yang lain.

Well, untuk sementara, saya akan terus menulis di sini karena masa berlaku hosting saya belum selesai #eh. Namun, sepertinya saya akan lebih banyak menulis tentang dunia saya yang baru, tentang anak saya, tentang parenting, dan hal-hal lain yang kini menimbulkan gairah baru dalam kehidupan saya.

Pokoknya, jangan kaget kalau kemudian satu saat saya berubah menjadi bundaOkke.





Ew. Nggak lah! :))



1 komentar:

Unknown mengatakan...

mb okke setujuuh bgt.. aku pun baru jadi seorang ibu 6 bulanan ini dan memang banyak bgt yg berubah, terutama di pasion..

btw, mau tanya kelanjutan catfight di wattpad apa kabar #eh